Hubungi Kami:

Gigih – Seoul (WA : https://wa.me/821051801801)
Sadewo – Gunsan (WA: https://wa.me/6285711242822)
Khoiron – Jeonju (WA: https://wa.me/6285646472425)
Reza – Busan (WA: https://wa.me/821095690092)
Ragil – Sejong (WA: https://wa.me/6281332600809)

Koordinator Umum UT Korea: Anto Purwanto (010-9423-1711)

Follow Us

Top

Sambutan Kepala PPMLN pada Wisuda UT Korea 2021

Assalamuallaikum wr wb
Pertama sekali, marilah kita memanjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan yang Maha Esa atas perkenanNYA-lah, pada hari ini, Minggu 19 Desember 2021 kita dapat melaksanakan Upacara Wisuda UT Pokjar Korea Selatan Periode 2021/2022. Upacara wisuda kali ini terasa istimewa, dibandingkan upacara-upacara wisuda sebelumnya, karena dilaksanakan secara daring (dalam jaringan). Kita belum dimungkinakan dapat berkumpul ditempat atau ruang yang sama karena pandemi Covid-19 belum sepenuhnya dapat diatasi, bahkan informasi yang kami dengar di Korea Selatan saat ini muncul varian Covid baru. Dalam kesempatan ini, saya ingin mengajak kita semua untuk mendoakan agar pandemi COVID-19 ini segera berakhir dan bagi anggota keluarga, orang tua, saudara, kerabat, dan mungkin tetangga di sekitar kita, jika masih ada yang terpapar COVID-19, semoga kiranya dapat diberikan kesembuhan. Amin.

Saya mewakili keluarga besar Pusat Pengelolaan Mahasiswa Luar Negeri, mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Seoul, Ibu Zelda Wulan Kartika dan Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Seoul, Bapak Dr. Gogot Suharwoto  beserta jajaran pimpinan dan staf yang telah memberikan dukungan penuh dalam  penyelenggaraan pendidikan UT di Korea Selatan, termasuk dukungan kegiatan Wisuda kali ini yang dikuti sebanyak 34 orang lulusan dari berbagai Fakultas dan program studi.

Terimakasih juga kami sampaikan kepada Deputy General Manager BNI Seoul, Bapak Ardi Ferdiansyah

atas bantuan yang sangat luar biasa, yaitu berupa pemberian  Beasiswa kepada mahasiswa UT Korea Selatan yang berprestasi.

Dukungan dari KBRI Soeul dan bantuan Beasiswa dari BNI Seoul adalah wujud perhatian yang luar biasa kepada mahasiswa UT Pokjar Korea Selatan dan para wisudawan yang berkebetulan kali ini semuanya adalah Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang sejak awal memang bertekad ingin meningkatkan kompetensi diri dengan cara mengikuti pendidikan di Universitas Terbuka. Semoga wisuda ini dan bantuan beasiswa yang diberikan BNI Korea Selatan dapat memacu semangat para PMI lainnya untuk mengikuti jejak kawan-kawannya yang telah berhasil terlebih dahulu.

Terima kasih juga kami sampaikan kepada Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), yang dalam kesempatan ini diwakili Bapak Yana Anusasana Dharma Erlangga, S.Sos, selaku Direktur Penempatan Kawasan Amerika dan Pasifik, yang selama ini telah berkontribusi dan berkolaborasi dengan UT untuk meningkatkan kompetensi Pekerja Migran Indonesia yang berada di berbagai negara.

Kami juga menyampaikan terimakasih Kepada Wakil Rektor UT Bidang Pengembangan Institusi dan Kerjasama, Bapak Rahmat Budiman, S.S., M.Hum., Ph.D., atas dukungannya dalam peningkatan layanan mahasiswa UT di Luar Negeri.

Kita patut bersyukur dibawah kepemimpinan Bapak Rahmat Budiman, selaku penangungjawab bidang pengembangan institusi, telah berhasil menghantarkan UT menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum atau PTN-BH, berdasarkan Surat Dirjen Dikti Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, tanggal 17 Desember 2021 yang lalu. Melalui PTNBH, diharapkan UT mampu membangun SDM unggul, khususnya SDM para PMI dalam membangun bangsa dan negara yang kita cintai ini.

Terima kasih juga kami sampaikan kepada pengurus Pokjar UT Korea Mas Anto Purwanto, beserta teman-teman yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu,  ditengah kesibukan menjalani aktivitas kuliah yang sangat padat, deadline paper, tesis dan disertasi yang menunggu segara direvisi, namun tidak menjadi penghalang dalam membantu dan melayani mahasiswa UT. Berkat bantuan dan bimbingan Mas Anto dkk, mimpi dan harapan para PMI untuk dapat meningkatkan kompetensi diri melalui kuliah sambil bekerja, telah terwujud dan padaa hari ini bisa mengikuti wisuda dan meraih gelar Sarjana. Semoga jasa dan pengabdian teman-teman pengurus pokjar UT Korea mendapat keberkahan dan balasan dari Allah SWT. Amin YRA.

Para Wisudawan dan Hadirin yang kami hormati,

Penyelenggaraan wisuda kali ini bertepatan dengan peringatan hari migran internasional, yang diperingati setiap tanggal 18 Desember. Dalam kesempatan ini, saya ingin mengucapkan selamat Hari Migran Internasional tahun 2021. “Pekerja Migran Berdaya, Keluarga Sejahtera, Indonesia Jaya”. Pelaksanaan wisuda ini menjadi kado istimewa bagi seluruh PMI yang ada di berbagai negara, khususnya bagi 34 wisudan UT Korea Selatan yang pada hari bersejarah ini resmi menyandang gelar Sarjana.

Saya sangat bangga kepada para wisudawan yang telah berhasil menyelesaikan kuliah di UT dan mengikuti upacara wisuda pada hari ini.  Kini oleh-oleh yang akan Saudara bawa pulang ke Indonesia bukan hanya tabungan (remitan) seperti biasanya Saduara diberi gelar pahlawan devisa negara, tetapi kali ini Saudara juga akan membawa gelar Sarjana.  Semoga gelar sarjana yang telah diperoleh akan menjadi batu loncatan untuk kesuksesan Saudara  dimasa mendatang.  

Para Wisudawan dan Hadirin yang kami hormati,

Perlu saya sampaikan bahwa sampai dengan tahun 2021, jumlah mahasiswa UT layanan luar negeri sebanyak 2.245 orang, yang tersebar di 45 negara, diantaranya 202 orang berada di Korea Selatan. Jumlah mahasiswa tersebut rasanya masih sangat kecil, jika dibandingkan dengan data jumlah WNI/PMI yang berada di Korea Selatan. Bahkan, diprediksi jumlah PMI di Korea Selatan masih akan terus bertambah karena saat ini BP2MI sedang melakukan Orientasi Pra Pemberangkatan (OPP) kepada 3.000 calon PMI yang rencananya  akan ditempatkan ke Korea Selatan. 

Saya berharap teman-teman Pekerja Migran Indonesia yang sudah lulus dan mendapat kesempatan diwisuda pada hari ini dapat mengajak teman-teman lain sesame PMI di Korea Selatan untuk bergabung dan kuliah di UT. Sampaikan pesan kami bahwa “Bekerja sambil kuliah memang tidak mudah, tetapi pendidikan adalah investasi yang tidak merugi”.

Pendidikan bukan saja sebuah investasi yang bernilai ekonomi, tetapi sebagai suatu investasi untuk mendapatkan derajat yang lebih tinggi dalam kehidupan dunia maupun akhirat. Semakin tinggi pendidikan seseorang maka semakin tinggi kualitas hidupnya terutama kesejahteraannya dan memberikan banyak manfaat baik kepada diri sendiri, orang lain maupun bagi bangsa daan negara.

Hadirin dan Wisudawan yang saya hormati,

Sebelum mengakhiri sambutan ini, ijinkan saya mambacakan puisi yang ditulis oleh Bapak Eric Tohir, Menteri BUMN RI, sebagai apresiasi kita terhadap Pekerja Migran Indonesia yang baru saja merayakan Hari Migran Internasional, 18 Desember 2021 kemarin.  

Mereka adalah kita,

Episode Pekerja Migran Indonesia. Selalu ada cerita suka, tapi tidak sedikit kita mendengar berita duka.

Banyak dari mereka yang sukses, tapi tidak sedikit yang membuat hati kita tergores.

Selama ini, mungkin kita terlena, sehingga lupa masalah-masalah mereka, padahal mereka adalah pahlawan, penyumbang devisa terbesar kedua bagi negara republika Indonesia yang kita cintai.

Mereka adalah orang-orang hebat, belum tentu kita sehebat mereka. Mereka adalah jiwa-jiwa tangguh, belum tentu kita setangguh mereka. Mereka adalah para pemberani, belum tentu kita seberani mereka.

Demi mimpi indah, cita-cita, dan masa depan, mereka tinggalkan keluarga, kampung halaman, dan negara yang dicintai untuk waktu yang lama.

Saatnya, kita bersama-sama hentikan segala cerita duka, akhiri setiap tetes air mata. Merdekakan Pekerja Migran Indonesia karena mereka adalah kita dan kita adalah mereka.

Hadirin dan Wisudawan yang saya hormati,

Demikian sambutan yang dapat saya sampaikan. Dalam kesempatan ini, saya mewakili seluruh pegawai Pusat Pengelolaan Mahasiswa Luar Negeri UT, menyampaikan permohonan maaf yang tulus, jika dalam penyelenggaraan Wisuda UT Korea Selatan ini terdapat kekurangan. Semoga pelaksanaan Wisuda UT Korea kedepannya bisa kita laksanakan lebih baik lagi.  

Semoga  Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa senantiasa membimbing kita semua untuk terus melaksanakan amanah-Nya, agar kita mendapatkan ridho-Nya, di dunia maupun di akhirat nanti. Terima kasih atas segala perhatian dan mohon maaf atas segala kekurangan.

Burung Irian burung cendrawasih,
Kayu jati dibuat kursi.
Cukup sekian dan terimakasih,
Sambutan ini kami akhiri sampai disini

Wabillahi Taufiq waal hidayah. Warridho Wal Inayah, Wassalammu’alaikum Wb.

 
Kepala PPMLN 
 
 
Dr. Pardamean Daulay, S.Sos., M.Si
NIP. 197610142006041002