UT Korea

Sambutan Koordinator UT Korea

E-mail Print PDF

UT Korea KU, UT Korea Mu, UT Korea Kita!

_Semangat Mewujudkan Impian di Negeri Gingseng_

4 tahun yang HEBAT itu !

Tidak terasa Universitas Terbuka di Korea Selatan yang akrab kita kenal sebagai UT Korea telah genap mencapai usianya yang ke 4 tahun. Hal ini berarti sudah 8 Semester yang lalu kita bersama-sama untuk mewujudkan akses pendidikan Strata Satu di Korea Selatan bagi warga Negara Indonesia yang sedang bekerja di negeri gingseng ini. Dengan kata lain sudah saatnya bagi UT Korea untuk melahirkan sarjana-sarjana muda yang kompeten di bidangnya sesuai dengan moto UT Korea yaitu Berkarya dan Berpendidikan. Oleh karenanya, alhamdulillah dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, pada bulan Mei-Juni tahun 2015 ini rencananya akan dilakukan Wisuda untuk pertama kalinya di Korea Selatan. Diharapkan dengan wisuda ini maka dapat menjadi teladan bagi kawan-kawan UT Korea yang lainnya. Lebih jauh lagi, lulusan UT Korea diharapkan dapat mengambil perannya di masyarakat sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya, sehingga tujuan menuntut ilmu tercapai dengan mengaplikasikan ilmu yang kita dapatkan di kehidupan sosial dan bermasyarakat.

Sekilas Tentang UT di tahun 2015.

Banyak Perubahan yang telah dilakukan selama 4 tahun kebelakang. Perubahan itu dilakukan untuk membantu proses transfer ilmu baik di dalam kelas maupun di luar kelas, sistem informasi yang meliputi proses belajar secara online, maupun database kemahasiswaan. Salah satunya ialah adanya integrated portal dan tutorial online. Sehingga setiap civitas akademi UT Korea Selatan yang meliputi Pengurus UT, Tutor, dan Mahasiswa; dapat mengakses “integrated portal” dalam proses belajar mengajar. Kemudian disisi lain biaya pendidikan di UT Korea selatan mengalami penurunan setiap semesternya yang dimulai dari tahun 2013 semester genap (480.000 won); 2014 semester ganjil (420.000 won); 2014 semester genap (380.000 won); dan 2015 semester ganjil (350.000 won). Hal ini dapat dilakukan dikarenakan karena semakin banyaknya WNI di korea yang menjadi mahasiswa UT Korea selatan, sehingga menurunkan beban operasional secara keseluruhan. Biaya ini digunakan untuk proses pengajaran sebesar 250.000 won yang dibayarkan ke pusat dan 100.000 won yang digunakan untuk menyewa kelas, dan untuk keperluan administrasi lainnya.

Biaya ini apabila kita hitung berdasarkan jumlah pelajaran yang di Tutorial Tatap Muka (ttm)-kan yaitu sebanyak 3 mata pelajaran (8 kali ttm, 2 kali ujian) maka: setiap mata pelajaran 5833 won/jamnya. Tentunya besar kecilnya angka tersebut merupakan hal yang relative tergantung dari sudut pandang yang kita miliki. Tercatat pada tahun 2015 semester ganjil ini terdapat 322 orang mahasiswa aktif dan lebih dari 600 orang yang tercatat menjadi mahasiswa UT Korea selatan. Kedepannya UT Korea diharapkan mampu menjadi Rumah Metamorfosa bagi WNI yang sedang menempuh perkuliahan. Dengan berbagai program pendukung seperti, Pelatihan Komputer, Pelatihan Bahasa Korea, Pelatihan Kewirausahaan, Pelatihan Kepemimpinan, Gathering Wilayah, dan sebagainya. Kerjasama dengan berbagai pihak pun akan terus dilakukan guna menghasilkan manfaat yang lebih maksimal.

Prasasti Kebaikan Kita Semua di Dunia

Dengan adanya UT Korea maka saya mewakili pengurus mempunyai harapan bahwa di bumi Korea terdapat sebuah komunitas intelektual yang tidak hanya fokus dalam mencari "nafkah" tetapi juga fokus dalam menginvestasikan waktu dan pikirannya untuk mengembangkan potensi diri, pengembangan akademik maupun softskill dalam bersosial dan berorganisasi. Kemudian semangat positif ini dapat ditularkan kepada komunitas-komunitas yang lainnya di Korea Selatan ini, yang menjadi virus yang baik di lingkungan. Salah satu nya adalah melalui majalah UT Korea edisi perdana ini yang sekarang kita genggam yang menjadi media transfer wawasan antara warga UT dengan komunitas sekitarnya. Dan pada saatnya nanti pulang ke tanah air sudah mempunyai bekal akademik dan bekal finansial disaat yang bersamaan.

Begitu juga para Pengurus UT Korea dan Tutor baik yang telah sedang menjalankan tugasnya maupun yang telah purna, yang telah bersedia untuk meluangkan waktunya mengajar dan berkontribusi secara aktif di Organisasi ini. Menurut saya pribadi, mengutip perkataan Rektor Paramadina, Anies Baswedan, kita telah menjadi bagian untuk turut ikut serta melunasi janji kemerdekaan yaitu turut mencerdaskan kehidupan bangsa. Tidak lupa saya ucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada pihak yang telah membantu untuk menghadirkan Universitas Terbuka di Korea Selatan, KBRI seoul, PPI di Korea Selatan (PERPIKA), Para Senior pendiri UT Korea selatan, (mas Hadi, Mas FIkar, Beserta Kawan-kawan senior yang lainnya), juga komunitas-komunitas organisasi lainnya seperti KMI, ICC, Pumita Busan, Paguyuban Daerah, serta masih banyak lagi aktor yang bekerja di balik layar. Semoga UT Korea menjadi salah satu prasasti kebaikan kita di dunia ini.. Aamiin..

... Dan Kami mohon dukungan doanya sehingga dapat memikul amanah ini dengan baik..

Salam Hangat.
Zico Alaia Akbar Junior., S.Si., M.Sc.

Koordinator Umum UT-UPBJJ-Luar Negeri di Korea Selatan.
Ph.D Candidate from Department of Chemistry, Kookmin University, Seoul, South Korea
Email : This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it  /  This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it

Dedicated Cloud Hosting for your business with Joomla ready to go. Launch your online home with CloudAccess.net.